Kamis, 19 Maret 2009


"Apakah Tuhan Telah Mati"

Sebuah analogi yang cukup menggelitik dan bisa dikatakan cukup radikal, ketika manusia mengatakan bahwa Tuhan telah mati. Inilah sebuah realitas dalam dunia baru di era modernis, peradaban mesin dan dunia maya telah mengalahkan realitas yang sesungguhnya. Realitas semu itulah sebutan menjadi jargon peradaban kini. Manusia tenggelam bahkan ditenggelamkan oleh hal-hal yang terlalu rasional menurut standar mereka.

Ketika stadar rasional menjadi urutan utama dalam menilai kehidupan di era ini, maka bermunculan anti terhdap yang bersifat irasional. penyerangan terhadap relegiusitas merupakan sebuah kemajuan manusia di puncak peradaban yang mereka ciptakan sendiri. menghilangkan yang tidak rasional dari sendi-sendi kehidupan masyarakat modern menjadi tanggung jawab besar para punggawa dan pengagung modernis. Dan bahwan keyakinan akan Tuhan di pertanyakan hari ini. Sebuah ungkapan sederhana "Tuhan Telah Mati" tetapi memunculkan perdebatan yang cukup panjang. kaum religius dari berbagai keyakinan yang irasional, menolak keras analogi nakal tersebut.

Kaum revolusioner dan pembaharu tersebut dengan semangat rasionalitas dan mengagungkan realitas yang mereka ciptakan sendiri. Telah membuat mereka semakin yakin akan kebenaran asumsi mereka. Karl Menheim dalam bukunya "Utopia dan Ideologi" mengatakan bahwa suatu wacana yang berkembang merupakan sebuah virus yang menyerang kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dan menjadi hal yang wajar ketika mereka beranggapan kebenaran ada di pihak mereka, begitu juga dengan pihak yang lainnya.

Pertentangan Ideologi merupakan perang dingin yang terus berlangsung, keruntuhan komunis, keruntuhan kapitalisme, di era ini menjadi bukti akan terbatasnya sesuatu yang dianggap ideal oleh manusia. Inilah salah senjata kaum religius menentang anggapan Tuhan telah mati. Mereka mengatakan tidak adanya konsep dan asumsi manusia yang dapat dipertanggunggjawabkan sebagaimana dengan teks-teks narasi kuno kitab yang mereka yakini. Campur tangan Tuhan adalah mutlak pasti ada di luar pengawasan peralatan modern yang dapat mendeteksi sekecil atom sekalipun.

Lalu mengapa hari ini dunia tidak pernah sepi dengan kekacauan, pembunuhan, pemerkosaan, perang etnis, perang agama hal ini karena kita tidak bisa berpikir mengedepankan rasionalitas. inilah akibat masih teguhnya mereka di bagian timur memegang prinsif yang tidak rasional.

Bangsa Indonesia bagian dari sisa peradaban kuno yang masih tersisa. Masyarakatnya yang sebagain besar adalah komunitas etnik yang primitive, sehingga pola-pola dan daur ulang kehidupan yang irasional masih mendominasi. Penduduk yang sebagian besar adalah muslim, menjadi tempat berkembang subur berbagai aliran yang berasaskan perpaduan irasional stadium empat. Lalu kemankah peran tunggal dari Tuhan inilah fenomena yang mulai terlupakan. Berbagai bencana dan pertikaain alam dan produk manusia semakin marak muncul kepermukaan, mengalahkan tatanan dan harapan ideal akan bangsan yang damai.

Perkembangan bangsa ini yang terkesan dipaksakan menuju masyarakat modern. Masayarakat kubu yang dipaksa untuk memakai baju, masyarakat desa yang dipaksa harus meninggalkan kampung, inilah gambaran yang tidak dapat kita elekkan. Kemajauan merupakan suatu konsep iedal yang akan selalu dipaksakan di negeri ini.

Tuhan Telah mati, sebuah fesimistis akan hadirnya perubahan. walaupunn tidak ada yang tidak mungkin...

Manusia sudah berdiri diatas sketsa tanpa gambar, di bumi yang semakin mencekam.
Manusia sudah kehilangan akan sehat, karena lamanya otak mereka tidak dipakai.
Manusia menjadi Tuhan bagi mereka sendiri, kerana kepuasan yang tidak pernah mereka dapatkan.
Manusia menjadi raksasa besar dan terkadang menjadi sebuah burang beo yang hanya berbicara tanpa nada.
Itulah manusia kini... Menciptakan Tuhan Sendiri
dan apakah Benar Tuhan Telah Mati...!!!!

4 komentar:

remaja LabiL mengatakan...

i like this artikel . . .^_^

remaja LabiL mengatakan...

nisa like this artikel . . .

remaja LabiL mengatakan...

i like this artikel....

remaja LabiL mengatakan...

i like this artikel !! ^_^