Rabu, 09 April 2008

opini


Sumbangan Ikatan Wali Mahasiswa (IWM) Dan RELEVANSINYA
Dua tahun terakhir pembayaran iuran wajib ikatan wali mahasiswa (IWM), di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.
Merupakan suatu wujud kepedulian yang besar wali mahasiswa khususnya mahasiswa baru 2006 dan 2007 dalam usaha untuk mewujudkan kemajuan fisip kedepan. walau semua iuran ini di prakarsai oleh pihak dekanat tetapi dalam kenyataannya pihak wali mahasiswa juga di libatkan dalam pengambilan keputusan ini, dengan adanya pertemuan pihak dekanat dan wali mahasiswa di awal daftar ulang mahasiswa baru beberapa waktu yang lalu.
Tujuan utama sumbangan iwm yaitu sebagai dana untuk operasional dan kenyamanan proses belajar mengajar dan kegiatan perkuliahan serta kenyamanan melalui perbaikan fasilitas-fasilitas yang langsung bersentuhan dengan kepentingan mahasiswa. Tetapi dalam kenyataannya sudah sejauh mana relevansi iwm di fakultas ini, menyentuh kepentingan mahasiswa…, hal inilah yang patut di pertanyakan….???
Bapak Slamet Widodo (dekan fisip) dalam beberapa kesempatan, beliau menyampaikan kepada mahasiswa akan membeli bus , sebagai suatu dobrakan awal untuk menigkatkan prestise fisip yang semakin tersisih di tepian jurang zona sosial, suatu pernyataan yang membingungkan…., Apakah semua ini merupakan suatu wujud kepudulian kepada fisip atau wujud kepedulian kepada sebagian elit dan para birokrat, tentunya ini sautu langkah yang positif tetapi sejauh mana hal ini akan menyentuh kepentingan mahasiswa ini yang patut di pertanyakan ???
Kami mahasiswa fisip sebenarnya setuju dengan agenda besar ini, tetapi alangkah lebih baik dan lebih professional seandainya dana iwm di alokasikan untuk memperbaiki fasilitas yang dapat di rasakan dan dimanfaatkan oleh semua pihak, misalnya menambah koleksi buku di perpus, perbaikan kelas, penambahan ac, serta digiatkannya kegiatan-kegiatan akademis demi kemajuan bersama, karena tujuan utama dari suatu pembangunan serta kebijakan idealnya yaitu menyentuh seluruh elemen dalam sebuah system, itulah yang di ajarkan kepada kami…, apakah ini hanya teoritis belaka atau permainan membingungkan di dunia kampus…
Rekan-rekan apa yang harus kita lakukan, ketika hak-hak kita di kebiri oleh system yang tidak bertanggung jawab…, temukan jawabannya beberapa saat lagi, revolusi inti perubahan…. !!! Bus FISIP milik SIAPA ?, BIROKRAT or MAHASISWA

Tidak ada komentar: